Ringkasan Sejarah Komputer

09:41 ooo 2 Comments

SEJARAH KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA
1.1  Evolusi Sistem Komputer Elektronik

Komputer mekanik mempunya dua kekurangan yang serius : kecepatan computer dobatasi kelambanan gerak bagian-bagiannya, dan transmisi informasi oleh alat mekanik (gir,pengungkit, dan sebagainya) yang tidak praktis dan tidak dapat diandalkan. Pada elektronik computer secara kontras, bagian yang berpidanh merupakan electron, dan suatu informasi dapat ditransmisikan dengan arus listrik pada kecepatan mendekati kecepatan cahaya ( 300.000 km/detik). Pada tahun 1906 tabung vakum triode ditemukan oleh Lee De Forest, yang memungkinkan adanya perubahan signal elektrik pada kecepatan yang melebihi bagian mekanik yang lain. Penggunaan teknologi tabung vakun ditandai dengan dimulainya era elektronik pada rancangan computer.

1.2  Generasi Pertama : 1943-1956


Komputer generasi pertama berbentuk sangat besar dan kurang canggih. Computer ini menggunakan tabung vakum untuk mengontrol operasi internal, dapat menimbul suhu yang sangat panas, dan membutuhkan tempat yang luas.
1943 . J.Presper Eckert, Jr., Seorang mahasiswa lulusan dari Moore School, dan tim Mauchly dan Eckert dibenntuk. Pada tahun 1943 Mereka merancang computer elektronik pertamanya, ENIAC (elektronik number integrator dan calculator). Computer ini menggunakan 140 kilowatt listrik dan terdiri atas kurang lebih 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 10.000 kapasitor, membutuhkan tempat 1.500 kaki persegi , dan mempunyai berat 30 ton.sistem I/O terdiri atas pembaca dan penulis kartu (card reader dan card punches) IBM yang telah dimodifikasi . ENIAC mempunyai kapasitas penyimpanan 20 angka digit (memerlukan 12 tabung vakum untuk menyimpan satu digit decimal).
1944. HARVARD MARK I diperkenalkan
1945. EDSAC ( Electronic Delay Storage Automatic Calculator ), yang dibuat di Cambridge university  pada tahun 1949, merupakan computer pertama yang menggabungkan ide-ide tersebut.komputer ini menggunakan sistem angka biner, intruksinya disimpan secara internal.
1946.  Mesin yang berbasis pada arsitektur von Neumann adalah computer IAS yang dimulai di Princeton pada tahun 1946. Tetapi tidak selesai dibuat sampai tahun 1952.mesin stored program ini terdiri atas 2300 tabung vakum. Dapat melakukan penjumlahan dalam waktu 62 mikrodetik dan perkalian dalam waktu 720 hingga 990 mikrodetik, dan pembagian dalam waktu 1,2 mili detik.
1947. SSEC ( Selective Sequence Elektronic Calculator) di tempatkan di IBM New York World Headquarters pada tahunn 1947 dan digunakan hingga tahun 1952.IBM membuat suatu mesin yang dapat mengalikan angka enam digit dengan perhitungan pulsa elektronik.mesin ini dikenal sebagai IBM 603 multipler elektronik.
1950. Mesin generasi pertama yaitu pada awal tahun 1950-an , hampir semuanya deprogram dalam bahasa mesin. Bahasa mesin ini terdiri atas string nol dan satu yang beraksi sebagai instruksi pada computer , menentukan suatu keadaan elektrik yang diinginkan dari sirkuit internal dan bank memori. Intruksi simbil diterjemahkan ke dalam kode biner yang berhubungan (intruksi bahasa mesin).
Kekurangan rancangan computer generasi pertama :
·         Operasi control I/O yang tidak efesien yang menghasilkan unjuk kerja keseluruhan sistem yang buruk
·         Skema modifikasi pengalamatan yang tidak efisien
·         Karena instruksi diorientasikan pada perhitungan angka, pemrograman non angka dan problem logis menjadi sulit.
Karakteristik Komputer generasi pertama :
·         Waktu Siklus :mili detik
·         Kecepatan pemrosesan :2000 instruk per detik
·         Kapasitas penyimpanan utama yang terbatas (1000-4000 byte)

1.3  Generasi Kedua : 1957 – 1964
1954.  Komputer digital pertama yang menggunakan transistor, TRADIC dibuat oleh BELL Laboratories.
1958. Komputer National Cash Register NCR 304 muncul. Computer ini merupakan computer digital yang menggunakan transistor komersil pertama.
1960. IBM mengeluarkan 7090. Suatu computer sains yang menggunakan transistor yang menggunakan memori penyimpanan magnetic dengan lebih dari 32.000 word 36-bit.
1960-1961. Komputer UNIVAC LARC (Livermore Atomic Research Computer) dengan IBM 7030 (STRETCH) diperkenalkan.
1964. Komputer CDC 6600 diperkenalkan di Livermore AEC Laboratory. Mesin ini tiga kali lebih unggul dibandingkan dengan computer IBM 7030.Komputer ini dapat melakukan rata-rata lebih dari tiga juta instruksi per detik dan mencapai kecepatan yang efektif ini dengan arsitektur paralelnya,yang memiliki unit aritmatik dan logical ganda serta menggunakan sepuluh computer kecil untuk operasi I/O.
Komputer ini mempunyai instruksi yang relatik besar, termasuk:
·         Instruksi untuk mentransfer informasi antara CPU dan memori atau antara register CPU.
·         Fixed-Point termasuk instruksi arithmetic floatin-point
·         Instruksi Logikal (nonnumeric).
Ciri-ciri yang penting pada mesin-mesin generasi kedua adalah tersedianya intruksi khusus untuk menstransfer control di antara program program yang berbeda, seperti dalam pemanggilan subrutin.
Karakteristik Komputer Generasi Kedua
·         Menggunakan transistor untuk operasi internal.
·         Magnetic core sebagai media penyimpanan internal utama
·         I/O lebih cepat :orientasi pita.
·         Waktu Siklus : mikrodetik.

1.4  Generasi Ketiga : 1965 – 1971

Perkembangan yang penting penciptaan computer pada tahun 1965 sebagai berikut :
1.      Integrated Circuid (IC) IC ini yang mengakibatkan penurunan ukuran dan biaya
2.      Memori semiconductor (IC)
3.      Teknik Microprogramming digunakan untuk menyederhanakan rancangan prosesor dan meningkatkan fleksibilitasnya
4.      Diperkenalkanya teknik secara parallel , termasuk pipelining, multiprogramming, dan multiprocessing. Tujuannya untuk meningkatkan kecepata yang efektif dimana serangkain program dapat dieksekusi.
5.      Computer digital pertama dengan biaya kurang dari $100.000 dikeluarkan
6.      Metode penggunaan fasilitas dan sumber daya sistem computer secara bersama-sama (seperti prosesor dan memori) dikembangkan.
Pada tahun 1970 RCA corporation menarik computer tersebut dari pasar setelah mengalami kerugian jutaan dolar karena mencoba bersaing dengan IBM. Jajaran Komputer generasi ketiga lain, seri GE 600, fibuat oelh general electric company. Karena computer sains ini tidak menguntungkan, pada tahun 1970 divisi computer GE dijual kepada Honywell Computer Division untuk membentuk Honeywell Information System.
Peningkatan penting yang terjadi pada generasi ketiga adalah :
·         Kapasitas penyimpanan yang lebih besar
·         Program serbaguna yang mengerjakan tugas-tugas secara otomatis yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia
·         Kompabilitas komponen-komponen yang memudahkan pengembangan sistem computer.
·         Kemampuan untuk mengerjakan operasi secara serempak .
·         Kemampuan untuk menangani aplikasi-aplikasi bisnis dan sains dalam mesin yang sama
Penemuan lain dalam generasi ketiga adalah terminal remote yang ditempatkan di tempat berbeda-beda dan digunakan untuk berhubungan secara langsung dengan computer pusat.
Ciri-Ciri Komputer Generasi Ketiga :
·         Menggunakan sirkuit tertintegrasi
·         Lebih fleksibel dengan I/O: beriorientasi disk.
·         Ukuran lebih kecil, unjuk kerja lebih baik dan handal
·         Penggunaan bahasa pemrograman tingkat tiggi lebih luas
·         Munculnya computer mini.
·         Waktu siklus : nanodetik.


1.5  Generasi Keempat: 1972 sampai kira-kira 1989

Komputer generasi ke empat menawarkan unjuk kerja yang penting dan harga bersaing dengan  mesin generasi ketiga . computer generasi ke empat lebih kecil,seperti telah dibuktikan adanya mikrokomputer, dengan sirkuiit LSI yang ditempatkan oleh sirkuit VLSI ( very large scale integration) dan VHSIC ( very high speed integrated circuit ). Penyempurnaanya mencakup kecepatan, keandalan yang besar ,dan kapasitas penyimpanan mendekati jutaan karakter. Pada tahun 1972 dan 1973 intel memproduksi chip 8008 dan 8080. Yang kemudin menjadi dasar bagi keseluruhan industry baru computer personal.Komputer personal (PC) IBM diperkenalkan pada tahun 1981, yang diikuti oleh apple’s Macintosh.
Dengan peningkatan sejumlah komponen pada chip,mikrosirkuit dapat dikarteristikkan sebagai berikut:
1.      Kekomplekan, atau ruang lingkup, dari fungsi fungsi yang dilakukan oelh chip meningkat
2.      Kecepatan pemrosesan fungsi yang diberikan cenderung meningkat.
3.      Tenaga yang dibutuhkann untuk melakukan fugnsi yang diberikan menurun.
4.      Biaya produksi chip menurun.
Karakteristik Komputer Generasi Keempat :
·         Menggunakan large-sacle integrated circuit
·         Peningkatan kapasitas penyimpanan (lebih dari 3Mbyte) dan kecepatan
·         Tersediannya program yang canggih untuk aplikasi-aplikasi khusus
·         Kecanggihan peralatan I/O yang meningkat
·         Penggunaan minicomputer,mikroprosesor dan mikrokomputer yang ekstensif.
1.6  Generasi Kelima
Generasi Komputer pada era ini masih bersifat imaginatif berupa ide atau gagasan, VLSI (Very Large Scale Integration) adalah komponen yang akan digunakan.  Ide Desain pada komputer pada generasi ini akan akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, dan mampu berkomunikasi  dengan manusia baca selengkapnya pada artikel Komputer Masa Depan & Teknologi Komputer Generasi Kelima,


You Might Also Like

2 comments:

Mohon Komentarnya Ya !!!