Cara Memilih Motherboard

23:23 ooo 1 Comments

Sebelum mau membeli motherboard sebaiknya kita memilih secara teliti bagaimana si cara memilih motherboard yang mau di beli agar kualitasnya bisa bagus dan berkualitas.? sebelum kita membahas gimana cara memilihnya saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa si motherboard?

     Mainboard atau sering di sebut dengan Motherboard merupakan kumpulan/rangkaian komponen elektronik utama dari sebuah komputer .Motherboard sangatlah penting artinya.tahu kenapa? karena semua komponen lain seperti CPU atau processor,memori, kartu grafik , kartu suara , harddisk, disdrive, dan lain-lain tidak akan berfungsi jika tidak ada mainboard ini . disini saya hanya menjelaskan jenis motherboard pentium 1 - 4 ada kemungkinan besar dalam memilih motherboard tersebut bisa sama karena hal-hal yang harus di perhatikan itu sama dan tidak berbeda.
  1. Jenis Dan Merk 
           Untuk memilih motherboard sangat sulit. Karena hampir semua motherboard kegunaannya tidak jauh berbeda. Hanya saja yang membedakan adalah merk dan harganya.Namun demikian sebenarnya perbedaan harga ini tidak menjadi patokan.Hanya saja untuk jenis tertentu seperti ASUS, IWIL,GygaByte, dan lain-lain memang sangat beda di bandingkan dengan jenis lainnya. baik dari segi harga maupun kehandalannya. Merk-merk yang di sebutkan tadi tergolong motherboard kelas atas yang tidak semua orang bisa memilikinya,karena faktor harga.

           Motherboard yang umum dijumpai di pasaran seperti Intel Triton, Eagle, SIS, dan lain-lain memang dari segi harga relatif terjangkau. Hanya saja dari segi kehandalan dan fasilitas yang di sedakannya mungkin sedikit di bawah yang bermerk dan punya nama besar.

Beberapa hal yang harus di pertimbangkan dalam memilih sebuah motherboard,antara lain :

  • Jenis process yang akan dipasang
  • Jenis memori yang akan digunakan
  • Jenis kartu suara yang akan digunakan
  • Jenis kartu grafik yang akan dipasang
  • dan lain-lain
Selain kebutuhan tersebut jenis moterboard yang tergolong umum dan banyak digunakan harus mempunyai yang tergolong umum dan banyak dgunakan harus mempunyai kriteria antara lain sebagai berikut :

  • Jenis dan jumlah bank (module) memori yang disediakan, misalnya DIMMs,SIMMs,SDRAMs sehingga sangat memungkinkan untuk ditingkatkan.
  • Tersedia slot AGP,PCI,ISA dan lain-lain .
  • Onboard tidaknya IDE , super Multi I/O (COM1,COM2,LPT1),USB, dan lain-lain
  • Supports terhadap CPU atau processor sampai berapa dan CPU Plug and Play atau tidak.
  • Plug and Play BIOS serta supports terhadap berbagai jenis accessories, dan lain-lain
  • Chace memori, dan lain-lain.
Gambar 1.1.

Sebenarnya masih banyak kriteria lain untuk menentukan baik dan handal tidaknya sebuah motherboard. Tetapi dengan kriteria yang dijelaskan diatas sudah memenuhi syarat dan kemungkinan besar komputer yang di rakit cukup memuaskan.

Dipasaran saat ini tidak sedikit merk dan jenis mainboard atau motherboard yang menyediakan berbagai fasilitas yang serba onboard. Walaupun masih ada beberapa jenis Motherboard keluaran lama khususnya generasi PC 468 masih memerlukan kartu tambaha seperti SUPER MULTI I/O. namun demikian keterangan di atas tidak mutlak. karena setiap jenis dan merk ada kelebihan dan ada kekurangannya. Semuanya tergantung anda sebagai pembeli.

2. Pertimbangan harga

Pertimbangan lain yang tidak kalah menentukan dalam memilih sebuah motherboard adalah masalah harga. Masalah ini sangat erat kaitannya dengan merk dan kualtas motherboard itu sendiri.Merk terkenal dengan kualitas motherboard itu sendiri. Merk terkenal dengan kualitas dan fasilitas yang lengkap harganya tentu lebih mahal dibandingkan dengan motherboard yang fasilitasnya sedikit. Fasilitas  yang dimaksud adlah ketersediaan seperti soket atau slot, module atau bank memori,dan lain-lain.

Tidak sedikit pemakai komputer yang kurang mengetahui masalah hardwarenya. Biasana masyarakat kelas ini hanya mengandalkan service, baik untuk upgrade, memperbaiki dan lain-lain. Bahkan untuk menginstalasi software saja masih meminta bantuan orang lain. Oleh karena itu jika anda mengetahui atau wawasan anda cukup baik terhadap hardware dan software mungkin masalah kecil seperti menginstallasi software , menginstalasi driver, dan lain-lain tidak perlu membawanya ke service. 

info ini saya dapatkan dari buku tentang mengenal komputer .
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

You Might Also Like

1 comment:

Mohon Komentarnya Ya !!!