Mouse

08:14 ooo 0 Comments

Apa itu mouse? mouse itu adalah tikus ? ha tikus hahahaha ga becanda mouse yang saya maksud disini adalah mouse untuk komputer .


Mouse merupakan sebuah alat bantu masukan input yang berfungsi sebagai pointer penunjuk untuk membantu kerja keyboard. kursor yang dihasilkan berbentuk pointer. dengan menggunakan mouse kita dapat menempatkan oosisi kursor sesuai dengan keinginan kita, dan bila dibandingkan dengan keyboard jauh lebih cepat dan lebih mudah. Mouse di perkenalkan oleh IBM PC tahun 1982 , dan dewasi ini banyak pemakai pc menggunakan mouse, karena Microsoft Windows telah popular , banyak PC yang menopang mouse di samping keyboard . Pada waktu itu banyak istilah baru yang diperkenalan,IBM memakai ungkapan puitis Integrated Pointing Device (IPD) untuk menunjukan bahwa bentuk lain juga dapat di pakai , meski kurang lazim.IPD juga kurang vuldagar dan sulit dipahami khalayak.Mouse memiliki dua bagian , pertama yaitu bagian yang dipegang seperti tikus dan kedua bagian software yang berfungsi untuk memberi tahu DOS dan semua applikasi bahwa kita sedang menggunakan mouse.Mouse dihubungkan ke kompiter melalui Serial Port.atau port khusus mouse.

Beberapa istilah yang digunakan dalam pengoprasian mouse antara lain:
  1. Klik : menekan tombol mouse sebelah kiri sebanyak satu kali.
  2. Klik ganda atau klik dua kali: Menekan tombol mouse sebelah kiri secepat mungkin sebanyak dua kali.
  3. Klik kanan: Menekan tombol mouse sebelah kanan sebanyak satu kali.
  4. Pointer: Sebuah anak panah yang terlihat dilayar monitor yang dapat bergerak ke kanan,ke kiri ke atas, dan ke bawah jika anda menggerakkan mouse tersebut .
  5. Drag (geser): Menenkan tombol mouse sebelah kiri dan tidak dilepas ditekan sambil menarik pointer mouse ke kiri atau ke kanan.
  6. Select (pilih): Menyorot suatu objek , untuk membuatnya sebagai sasaran operasi selanjutnya.
Fungsi-fungsi utama dari mouse antara lain :
  • sebagai petunjuk dalam memilih program/file yang diinginkan .
  • sebagai penunjuk dalam perintah-perintah yang diperlukan.
  • sebagai petunjuk kursor yang dikehendaki 
  • sebagai alat bantu dalam meltakkan ( posisi) grafik/gambar.
  • sebagai alat bantu fungsi keyboard yang tidak dapat dilakukan oleh keyboard.


TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

You Might Also Like

0 komentar:

Mohon Komentarnya Ya !!!